Tips Cari Tukang Bangunan Yang Sesuai

Membuat sebuah bangunan atau rumah yang nyaman dihuni membutuhkan banyak pihak. Bangunan yang baik adalah simbol dari keberhasilan kerja sama antara arsitek, kontraktor, dan para tukang bangunan.  Arsitek yang baik adalah mereka yang mempunyai pendidikan di bidang arsitektur dan memiliki banyak pengalaman dalam mendesain bangunan. Kontraktor yang baik adalah mereka yang bertanggung jawab atas bahan bangunan, pekerja, dan pengerjaan suatu bangunan dari awal hingga akhir.

Oleh karena kontraktor bertanggung jawab atas segala hal, memilih tukang bangunan tidak boleh asal-asalan. Suatu bangunan yang baik tidak hanya bergantung pada materialnya saja, namun juga para pekerjanya.

Tukang bangunan bertugas sebagai eksekutor, mereka yang mengolah bahan bangunan dan menyusunnya menjadi bangunan yang kokoh. Berikut 5 hal yang harus diperhatikan para kontraktor saat memilih tukang bangunan.

Jasa tukang bangunan murah

1. Kemampuan dan keterampilan yang sesuai

Para kontraktor harus memilih tukang bangunan berdasarkan kemampuan atau keahlian mereka. Tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dan dibutuhkan plotting tukang yang sesuai. Tukang bangunan bisa dibagi atas tukang gali, tukang batu, tukang besi, tukang kayu, dan tukang cat.

Mereka yang berpengalaman sebagai tukang gali tentu harus ditempatkan di bagian penggalian, mereka yang biasa melakukan pengecoran dan konstruksi haruslah tukang besi ahli, atau mereka yang bertugas membangun pondasi rumah dengan batu haruslah tukang batu profesional.

2. Tukang Bangunan dengan Fisik sehat dan prima

Menjadi seorang tukang bangunan adalah pekerjaan yang menguras tenaga. Untuk menghindari resiko keterlambatan selesainya suatu bangunan, fisik tukang bangunan juga harus diperhatikan.

Mereka yang sedang sakit sebaiknya tidak dilibatkan dulu dalam pembangunan karena berisiko tidak masuk kerja dan mengancam keselamatan kerjanya. Selain masalah kesehatan, fisik yang prima juga harus diperhatikan.

3. Telah berpengalaman dan terpercaya

Tukang bangunan yang berpengalaman dapat memudahkan pekerjaan para kontraktor. Walaupun biasanya upah tukang bangunan yang berpengalaman lebih mahal, namun memakai jasa tukang yang berpengalaman bisa menghemat banyak biaya. Bahan bangunan digunakan dengan pas dan tidak terbuang percuma, serta upah harian lebih sedikit karena waktu pengerjaan lebih cepat.

4. Disiplin, tidak pernah terlambat

Para kontraktor dituntut untuk memberikan estimasi kapan sebuah bangunan selesai dibangun. Estimasi waktu tersebut bisa juga disebut sebagai janji yang harus dipenuhi.

Laporan kondisi di lapangan seperti apapun tidak diperlukan pemilik bangunan, sebab mereka butuh hasil, bukan kejadian yang ada dalam proses membangun. Oleh sebab itu, dalam membangun sebuah bangunan, semua pekerja harus disiplin. Datang tepat waktu, kerja sesuai bagian, dan pulang di waktu yang tepat pula, tanpa terkecuali.

Apabila tukang bangunan menunjukan tanda-tanda dia tidak disiplin, seperti datang terlambat tanpa alasan yang jelas, ada baiknya tukang bangunan tersebut tidak lagi digunakan jasanya. Karena satu orang yang tidak disiplin saja bisa menghambat keseluruhan pembangunan selama beberapa waktu.

5. Bisa memahami gambar atau desain arsitektur

Tukang bangunan bukanlah mereka yang bersekolah di bidang arsitektur. Namun, beberapa tukang bangunan yang telah berpengalaman, bisa memahami gambar atau desain arsitektur.

Apabila Anda, para kontraktor, menemukan tukang bangunan dengan kemampuan demikian, ajaklah mereka untuk bekerja sama. Kemampuan memahami gambar atau desain arsitektur dapat membantu proses pengerjaan bangunan sesuai dengan rancangan arsitek. Bukan hanya sesuai secara visual saja, namun juga dari segi perhitungan dan ukuran.

Pastikan tukang bangunan yang akan Anda gunakan jasanya memiliki semua kriteria di atas. Jangan lupa untuk selalu meminta kontak para tukang bangunan yang Anda pekerjakan. Apabila jasa mereka dibutuhkan, Anda tidak perlu repot mencari tukang baru lagi.

By |2018-12-09T04:44:58+00:00December 4th, 2018|Bangun Rumah Baru, Renovasi Rumah, Sun Rizky Mandiri|